Rabu, 16 April 2014

Trainning Production Planning and Inventory Control Calon Asisten

Pada tanggal 27 Maret 2014 Laboratorium Sistem Manufaktur Terintegrasi Teknik Industri UII menyelenggarakan trainning untuk Calon Asisten. Calon Asisten tersebut sebelumnya telah diberikan ilmu pengetahuan berupa Forecasting. Untuk mengimplementasikan ilmu yang telah diberikan maka dilakukan trainning yang mengadopsi ilmu Forecasting dan juga memberikan pengetahuan PPIC agar Calon Asisten dapat bekerja lebih baik apabila diterima menjadi Asisten Laboratorium. Implementasi tersebut diadopsikan dalam bentuk Game atau permainan yang didalamnya dibekali ilmu PPIC dengan objek permainan mendistribusikan Fuel di Nusantara Republik Indonesia. Dengan Game ini nantinya Calon Asisten memikirkan untuk mendistribusikan Fuel tetapi juga memikirkan biaya produksi, biaya backlog dan biaya inventory.

TIO SAMPURNO adalah pembuat Game PPIC ini, game ini dibuat dengan bahasa mesin C Sharp yang didalamnya dimasukkan berbagai rumus distribusi Fuel, rumus biaya produksi, rumus biaya backlog dan rumus biaya inventory. Game ini dibuat seperti dunia nyata, artinya di Republik Indonesia terdapat 4 kilang yakni Plaju, Balikpapan, Cilacap dan Dumai yang wajib mendistribusikan Fuel ke Nusantara RI. Jika Calon Asisten yang mensimulasikan game ini dan ternyata permintaan Fuel disuatu daerah tidak terpenuhi maka daerah tersebut tidak memiliki inventory dan juga backlog yang terjadi menimbulkan biaya yang besar.



  





Game ini dimainkan selama 4 periode dan pemenang dalam permainan ini adalah Calon Asisten yang mendapati biaya terkecil dalam hal total biaya mulai dari produksi, backlog dan inventory. Pemenang dalam Game ini dijuluki "Best Strategist and Planner", ADITYA SEPTIAN adalah pemenang dalam Game PPIC ini. Ia berhasil mendapati total biaya terkecil yakni biaya Inventory RP.99.325.000, biaya Backlog RP.4.214.708.000 dan Biaya Produksi RP.0. Untuk menghindari pembajakan masal aplikasi ini dibekali Serial Number yang hanya diketahui oleh intern Laboratorium.